PENYAKIT FLU SINGAPURA SERTA PENAGANANYA

FLU-SINGAPURA   Flu Singapura atau dalam dunia medis disebut Foot Mouth Disease Tangan (HFMD) yang disebabkan oleh jenis virus RNA. Dan menyebabkan flu Singapura adalah yang paling sering Coxsackie virus A16. Dan banyak jenis virus RNA termasuk virus RNA termasuk dalam famili Picornaviridae, Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus.

   Singapura modus virus flu transmisi, antara lain, adalah melalui saluran pernafasan dan juga melalui media saluran pencernaan juga. Media transmisi dapat dari tetesan (air liur granular), pilek, air liur, tinja, cairan vesikel (gelembung kecil gangguan kulit seperti cairan) atau ekskreta.

   Penularan kontak tidak langsung adalah dengan melalui media seperti halnya barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi yang telah ada virusnya tersebut. Sehingga penyakit flu singapore ini dapat menular melalui kontaminasi cairan serta juga udara.

 Penyebab Tanda Gejala Flu Singapura


    Flu Singapura banyak pemogokan anak di bawah usia 10 tahun, karena antibodi dan kekebalan mereka lebih lemah daripada orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa virus yang menyebabkan flu Singapura juga dapat mempengaruhi orang dewasa meskipun dalam skala kecil.

Penyakit Flu Tanda karakteristik Singapura Pada Anak


    Karena kasus penyakit akibat virus ini kebanyakan menyerang anak-anak, orang tua harus mengenali dan memahami berbagai aspek yang terkait dengan tanda virus ini dalam hal anak yang, antara lain, adalah sebagai berikut:

  • Demam yang bisa berlangsung antara dua sampai tiga hari.
  • Sakit tenggorokan dalam hal ini akan berdampak pada bayi atau anak-anak enggan makan bahkan kesulitan menyusui. Hal ini juga dapat dilihat sebagai timbul 3-10 nodul kecil di mulut menyerupai sariawan dan menyakitkan.
  • Dalam kulit anak atau bayi akan terlihat bintik-bintik kemerahan pada cairan bening di sekitar daerah mulut, kaki, tangan dan pantat yang timbul 1 atau 2 hari setelah demam.

   Untuk itu orang tua juga harus waspada saat musim kemarau tiba. Karena ketika musim kemarau tiba dan sistem kekebalan tubuh anak menurun maka itu juga akan dapat dengan mudah terinfeksi penyakit virus yang satu ini. Tidak sedikit pasien anak yang menderita flu Singapura. Penyakit ini perlu diwaspadai karena gejala yang lebih parah daripada flu biasa.

Flu Singapura Pengobatan dan Pencegahan


   Berikut adalah beberapa cara perawatan dan bagaimana mencegah penularan virus influenza singapore diperoleh dari halaman situs www.parenting.co.id antara lain adalah sebagai berikut:

    Untuk mencegah penularan virus yang orang tua perlu untuk mendapatkan anak-anak untuk mencuci tangan mereka setiap kali keluar dari kamar mandi, setelah bermain dan sebelum makan. Penyakit ini juga mudah menyerang anak-anak yang kondisinya lemah. Oleh karena itu, pastikan anak memenuhi jadwal makan sehari-hari dan beristirahat. Karena itu akan mudah untuk menyerang virus ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menurun dan tidak sesuai kondisinya.

    Pencegahan penyakit flu Singapura dapat dilakukan dengan mencuci tangan setelah beraktivitas, mulut dan hidung ketika penutup bersin dan batuk, hindari menggunakan alat yang sama alat yang digunakan oleh pasien, membersihkan peralatan yang telah terkontaminasi oleh air liur anak-anak yang terinfeksi seperti mainan , meja, kursi dan lantai

   Jika anak menderita atau terinfeksi, menghindari tempat-tempat ramai seperti kolam renang dan fasilitas umum lainnya serta menjaga lingkungan yang bersih.

Sementara  tips perawatan flu singapore dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup. Pasien biasanya akan membaik dalam 7-10 hari. Yang tak kalah penting adalah orang tua memberikan makanan dan cairan dalam jumlah yang cukup (dan multivitamin, jika perlu) untuk memperkuat kekebalan tubuh anak. Dokter kemungkinan akan memberikan antiseptik untuk mulut, pereda nyeri dan demam, serta antivirus

Penyakit ini sering terjadi pada orang dengan sanitasi yang buruk. Pencegahan penyakit adalah untuk menghilangkan kumuh dan kepadatan lingkungan dan selalu menjaga kebersihan (higiene dan sanitasi) baik di lingkungan dan individu.

Cara termudah untuk melakukannya adalah membiasakan misalnya selalu mencuci tangan, terutama setelah berdekatan dengan pasien, desinfeksi peralatan makanan, mainan, handuk yang memungkinkan terkontaminasi.

sumber : http://askep-net.blogspot.com/

0 Response to "PENYAKIT FLU SINGAPURA SERTA PENAGANANYA"

Posting Komentar