[BELAJAR AKUPUNTUR ] SEJARAH SERTA MANFAAT AKUPUNTUR

      Pada posting kali ini saya akan coba share mengenai Terapi Akupuntur, untuk rekan - rekan sejawat pasti sudah tidak asing lagi mengenai Terapi Akupuntur, nah maka dari itu saya akan membahas seluk beluk dari akupuntur, mulia dari apa akupuntur,sejarah akupuntur, manfaat, kemudian bagaiamana metode akupuntur dalam mengobati penyakit, apa itu meridian, dan segala macamnya akan di bahas pada blogg sharekeperawatan.blogspot.com ini.

Akupunktur


A. Pengertian Akupunktur

     Menurut buku pegangan akupunktur pembelajaran praktis, akupunktur berasal dari kata Latin. Acus yang berarti jarum dan Punctur yang berarti menusuk, jadi akupunktur berarti "ditusuk dengan jarum" (Dr. Djuharto SS, 1982). Dalam bahasa Inggris adalah untuk menusuk, sementara Cina cenciu. Kata ini kemudian diadaptasi menjadi akupunktur be Indonesia atau akupunktur. Akupunktur adalah pengobatan yang dilakukan jarum di titik-titik tertentu pada tubuh pasien, telinga, kepala, sekitar telapak kaki dan tangan untuk mempengaruhi / memperbaiki kesalahan aliran bioenergi tubuh yang disebut Qi (dibaca Chi). Qi mengalir di arah gerakan dalam sistem saluran yang disebut meridian.

B. Sejarah Akupunktur

    Ilmu akupunktur mulai tumbuh sejak zaman batu, yaitu kira-kira 4000- 5000 Tahun lalu, di mana jarum yang digunakan batu untuk menyembuhkan penyakit. Buku "Huang Ti Nei Ching" adalah Ilmu buku ensiklopedia
Pengobatan Cina. Diterbitkan pada hari-hari "Can Cun Kuo Ciu" yaitu tahuntahun antara 770-221 SM. Pada saat itu ilmu mengembangkan akupunktur serta ilmu-ilmu lain di negeri ini. Bahan jarum akupunktur berubah dari batu ke bambu, bambu ke tulang dan tulang menjadi perunggu. Menurut sejarah negara itu, Dinasti Tang (265-960 tahun), ilmu akupunktur berkembang pesat dan mulai menyebar di luar negara asal, yaitu: Korea, Jepang dan negara-negara lainnya.

   Pengembangan akupunktur di Indonesia setelah imigran Cina yang tiba di Indonesia. Hanya ilmu akupunktur hanya hidup yang terbatas dalam dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Pada tahun 1963 atas instruksi Menteri Kesehatan masa itu; Prof. Dr. Satrio, Departemen Kesehatan untuk meneliti dan mengembangkan cara-cara pengobatan Timur, termasuk akupunktur untuk membentuk Tradisional Ilmu Medical Research Team Timur. Jadi sejak saat itu akupunktur praktek resmi diadakan di Rumah Sakit Umum, Jakarta, yang kemudian berkembang menjadi Sub-Divisi di bawah bagian Medicine, dan kemudian menjadi Satuan Akupunktur Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada periode ini. Selain menyediakan layanan kepada pengunjung poliklinis / pederita, Satuan Akupunktur Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo juga menyediakan pendidikan untuk menghasilkan dokter ahli akupunktur baru (Ferry, 2007).

C. Manfaat Akupunktur

    Akupunktur memiliki banyak efek positif, salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit karena mereka dapat meningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya sirkulasi darah, akupunktur juga membantu menjaga organ-organ internal tubuh sehingga dapat membuat lebih sehat dan terawat dengan baik.

   Teknik penyisipan jarum tanpa rasa sakit pergeseran paradigma orang-orang yang telah takut jarum. Tepatnya, jarum dimasukkan, aliran darah kurang biasa awalnya diubah menjadi normal. Selain itu, keuntungan lain dari akupunktur adalah bahwa hal itu dapat meremajakan kulit dan sel-sel darah merah yang beregenerasi.

    Dalam EzineArticles (14/8) menyebutkan bahwa akupunktur juga dapat memberikan ketenangan pikiran dan relaksasi yang diperlukan untuk pasca-operasi. Bahkan, mengingat khasiat akupunktur juga dapat menghambat proses operasi yang semula dijadwalkan. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi dunia kesehatan. Karena, dengan berbagai sifat yang disediakan oleh akupunktur telah membuat kontribusi besar untuk kesehatan

sumber :http://www.abualbanicentre.com/

0 Response to "[BELAJAR AKUPUNTUR ] SEJARAH SERTA MANFAAT AKUPUNTUR "

Posting Komentar