MENGENAL BERBAGAI JENIS ALAT KONTRASEPSI

alat-kontrasepsiUntuk suami dan istri setelah kelahiran anak , tentu saja, pikiran pertama adalah bagaimana merawat dan menyusui bayi. Setelah itu untuk beberapa pada umumnya akan berpikir tentang kontrasepsi yang cocok untuk suami dan istri. Karena berbagai jenis kontrasepsi dan metode kontrasepsi juga ada di negara kita dan juga negara-negara lain.

Yang dimaksud dengan definisi kontrasepsi adalah metode untuk mencegah kehamilan dan menghindari kehamilan sebagai akibat dari pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma. Asal kontrasepsi kata berasal dari dua kata yaitu kontra dan konsepsi. Kontra adalah cara untuk mencegah atau melawan. Sementara konsepsi makna adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan.

Kontrasepsi

 Ada dua jenis metode kontrasepsi metode metode kontrasepsi adalah cara sederhana dan modern.
Metode cara sederhana kontrasepsi. Intinya adalah bagaimana mencegah kehamilan dengan alat dan bisa juga tanpa alat. Tanpa alat ini dapat dilakukan dengan coitus interruptus dan sistem kalender. Sementara itu, bila menggunakan alat ini dapat dilakukan dengan kondom, krim atau jelly.

Bagaimana Metode modern / Metode Efektif. Metode ini juga dibedakan dengan cara permanen atau tidak permanen. Kontrasepsi permanen operasi steril baik pada pria atau wanita. Kontrasepsi pria permanen yang disebut vasektomi (sterilisasi laki-laki) dan pada wanita disebut ligasi tuba (sterilisasi pada wanita). Secara umum kita kenal sebagai KB jangka steril. Sedangkan jenis kontrol kelahiran non-permanen adalah dengan pil, IUD (alat kontrasepsi), suntikan, dan Norplant.

Kontrasepsi lebih mudah dikenal sebagai KB, KB Meskipun maksudnya adalah Keluarga Berencana. Tetapi orang-orang biasanya akan bertanya "apa KB Gunakan" dan bukan "Pakai kontrasepsi apa". Itu karena kebiasaan atau faktor budaya saja. Semua ini adalah niat instrumen, obat, metode kontrasepsi yang digunakan baik pada pria maupun pada wanita. Bisa disebut kontrasepsi, obat KB, KB jenis dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa jenis alat kontrasepsi yang sering digunakan dalam masyarakat kita.

1. Kondom.

   Kondom alat pencegah kehamilan sudah cukup populer bahkan dijual bebas di apotek toko. Kondom ini bahkan menjadi kampanye kondom kontroversial yang telah disarankan oleh Menteri Kesehatan. Sebuah kondom adalah kantong tipis karet, biasanya terbuat dari lateks, tidak berpori, digunakan untuk menutupi penis yang berdiri (tegang) sebelum dimasukkan ke dalam vagina. Kondom telah terbukti dalam penelitian laboratorium sehingga dapat mencegah penularan penyakit menular seksual, termasuk penyakit HIV / AIDS.

2. Obat Pill.

   Pill adalah salah satu mencegah kehamilan. Pill ditujukan untuk wanita yang tidak hamil dan ingin cara untuk menghindari kehamilan sementara yang paling efektif bila diminum secara teratur. Minum pil dapat dimulai segera setelah menstruasi, atau periode pos-partum bagi para ibu yang tidak menyusui bayinya. Jika seorang ibu ingin menyusui, harus menggunakan pil ditunda sampai enam bulan setelah kelahiran anak (atau selama menyusui) dan disarankan untuk menggunakan metode lain pengendalian kelahiran.

3. Kontrasepsi intrauterine (IUD).

Kita kenal dengan IUD (Intra Uterine Device). Alat ini sangat efektif dan tidak perlu mengingat setiap hari serta pil. Untuk ibu menyusui, AKDR tidak akan mempengaruhi isi, kelancaran atau isi dari produksi susu (ASI). Namun, ada seorang wanita yang belum dapat menggunakan ini berarti kontrasepsi. Oleh karena itu, setiap pengguna IUD kandidat diperlukan untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang seluk beluk jenis kontrasepsi yang satu ini.

4. Injection (Injeksi KB).

   Metode suntikan kontrasepsi adalah bagian dari kontrasepsi yang penggunaannya dilakukan dengan cara menyuntikkan obat pada wanita subur. Obat ini mengandung Medorxi Depo Progesteron Asetat (DMPA). Inokulasi dilakukan pada otot (intra muscular) di pantat (gluteus) yang dalam atau pada pangkal lengan (deltoid). Dan termasuk dalam jenis kontrasepsi juga sering digunakan.

5. Norplant (Implan).

  Sama saja dengan menanamkan Norplant. Implan atau implan adalah kontrasepsi jangka panjang yang dapat digunakan selama 5 tahun. Norplant biasanya dipasang di bawah kulit, di atas daging di atas lengan wanita. Alat ini terdiri dari enam kapsul fleksibel ukuran pertandingan yang terbuat dari bahan karet silastik. Setiap kapsul mengandung progestin sintetis juga levonogestrel terkandung dalam beberapa jenis pil KB. Hormon ini perlahan-lahan melalui dinding kapsul sampai kapsul diambil dari lengan pengguna. Kapsul ini bisa dirasakan dan kadang-kadang terlihat sebagai benjolan atau garis-garis. (Buku The Boston Kolektif, The Tubuh Kita, Diri, 1992)

Demikian beberapa hal tentang berbagai kontrasepsi umum kita kenal dan banyak digunakan oleh masyarakat kita. Dan penggunaan tergantung juga akan merasakan penggunaan setiap alat dan bagaimana pendegahan yan kehamilan seperti yang disebutkan di atas. dan tentu saja ini akan bertentangan dan menentang cara trik untuk mendapatkan cepat hamil.

Sumber :http://askep-net.blogspot.com/

0 Response to "MENGENAL BERBAGAI JENIS ALAT KONTRASEPSI "

Posting Komentar