[BELAJAR AKUPUNTUR] 12 MERIDIAN DALAM AKUPUNTUR

Dalam Pengobatan tradisional Tionghoa, Meridian (Hanzi: 经络; pinyin: jīngluò) merupakan jaringan jalan chi (energi) yang tersebar di dalam tubuh. Jika darah mempunyai jaringan sirkulasi darah, dan syaraf mempunyai jaringan syaraf, maka energi juga mempunyai jaringannya sendiri yaitu meridian.

12-meridian-akupuntur

Latar belakang

  Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagai lalu lintas, pada meridian ada jalur / jalan, ada hambatan, tidak ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir, dan sebagainya. Jika energi di meridian lancar, itu akan menciptakan keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sedangkan dalam kasus hambatan pada meridian akan menampilkan gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian ke jaringan lain dalam tubuh adalah darah dan jaringan saraf dapat dilihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat tetapi tetap nyata. Dalam pengobatan modern, teori rahasia jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang dapat mendeteksi, tetapi teori ini telah terbukti bermanfaat bagi ribuan tahun.

Teori Meridian mungkin fenomena yang sama dengan kehadiran kehidupan makhluk hidup. Keberadaan kehidupan sangat penting bagi kehidupan, tetapi belum ada yang mampu mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi keberadaan meridian tidak dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, meskipun penelitian telah menunjukkan bagaimana transmisi informasi dari chi dapat berhubungan di bagian internal manusia.

Titik akupunktur

  Dalam satu artikel tentang Akupunktur disebutkan bahwa di jalur meridian mengalir dua jenis energi, yaitu aliran energi "A" (positif, panas) dan energi "Ying" (negatif, dingin). Bagian tubuh manusia atau manusia akan sehat jika aliran energi melalui meridian ada keseimbangan antara aliran energi "A" dan aliran energi "Ying". Jika "A" dan "Ying" tidak seimbang maka manusia akan terganggu atau sakit.

Kelebihan energi "yang" akan menimbulkan gangguan atau sakit dengan gejala kelebihan misalnya energi panas, kejang, nyeri. Kelebihan energi "Ying" atau kekurangan energi "yang" akan menimbulkan gangguan atau penyakit yang ditandai oleh kurangnya energi, misalnya gejala flu, kelumpuhan, mati rasa / kesemutan / anestesi.

Pada titik-titik tertentu pada meridian ada pusat kontrol yang mengatur aliran energi "Yang" dan "Ying" untuk bagian tubuh tertentu atau organ. Intinya adalah titik ini dikenal sebagai titik-titik akupunktur. Jika ada kelebihan energi "Yang" di bagian tubuh tertentu atau organ maka akan sinshe menusuk titik akupunktur untuk menghambat aliran energi "yang" energi untuk mencapai keseimbangan antara "A" dan "Ying". Jika ada kelebihan energi "Ying" atau dengan kata lain kekurangan energi "Yang" maka sinshe akan menembus titik-titik akupunktur dan kemudian memutar jarum akupunktur untuk merangsang energi "yang" energi untuk mencapai keseimbangan antara "A" dan "Ying ". Jadi yang dilakukan pada akupunktur adalah untuk merangsang atau menghambat energi "Yang".

Perkembangan lebih lanjut dari akupunktur adalah:


  • Memasukkan obat melalui jarum dengan menggunakan jarum akupunktur yang berlubang di tengah.
  • Menghubungkan jarum akupunktur dengan arus listrik lemah (arus DC)
  • Menekan titik-titik akupunktur dengan benda jari atau tumpul (accupressure)
  • Menggunakan teknologi Low Level Laser Therapy (LLLT) pada konsep Akunktur.

Fungsi 

Fungsi Meridian, antara lain:


  • Menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah tubuh
  • Tubuh kanan dan kiri bagian tubuh penghubung
  • Organ penghubung di permukaan tubuh
  • Menghubungkan organ internal dan alat gerak
  • Menghubungkan organ dengan organ-organ internal lainnya
  • Organ penghubung dalam jaringan pendukung tubuh
  • Jaringan ikat tubuh mendukung dengan mendukung jaringan tubuh lainnya.

     Hubungan ini dibentuk menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam tindakan secara simultan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Namun, jika ada penyakit dalam meridian, meridian bisa menjadi jalur bagi penyebaran penyakit dalam tubuh, oleh karena itu kita harus merangsang titik-titik pada meridian untuk menangkal penyakit.

Tempat

Meridian terletak di dalam tubuh, berbaring bervariasi tergantung pada lintasan. Tidak ada jalur meridian yang melewati antara tulang, ada di sela-sela otot, dan karena wujudnya tidak nyata ada juga menembus atau menyelimuti organ. Kebanyakan organ muncul dekat dengan permukaan kulit.

12 - meridian - akupuntur

Jenis Meridian 

Ada 12 meridian utama yang menghubungkan organ kami


  1. Meridian paru-paru (di trek ada 11 pasang titik akupunktur)
  2. Usus besar Meridian (di trek ada 20 pasang titik akupunktur))
  3. Meridian Lembung (di trek ada 45 pasang titik akupunktur))
  4. Limpa meridian (di trek ada 21 pasang titik akupunktur))
  5. Hati meridian (di trek ada sembilan pasang titik akupunktur))
  6. Kecil Usus Meridian (di trek ada 19 pasang titik akupunktur))
  7. Kandung kemih meridian (di trek ada 67 pasang titik akupunktur))
  8. Ginjal meridian (di trek ada 27 pasang titik akupunktur))
  9. Meridian Selaput Jantung (di trek ada sembilan pasang titik akupunktur))
  10. Tri Heater Meridian (di trek ada 23 pasang titik akupunktur))
  11. Meridian Empedu (di trek ada 44 pasang titik akupunktur))
  12. Hati meridian (di trek ada 14 pasang titik akupunktur))

Meridian lainnya, antara lain:


  1. Ren meridian (di trek ada 24 titik akupunktur)
  2. Du Meridian (di trek ada 28 titik akupunktur)
sumber:wikipedia.com

0 Response to "[BELAJAR AKUPUNTUR] 12 MERIDIAN DALAM AKUPUNTUR"

Posting Komentar