JENIS SUARA NAFAS

SUARA NAFAS NORMAL

 Napas yang normal adalah suara yang dihasilkan dari getaran saat udara melalui laring ke saluran napas dari alveoli, dengan alam bersih
jenis suara nafas

• nafas yang normal suara:

a) bronkus: sering disebut sebagai "suara Tubular" karena suara yang dihasilkan oleh udara melalui tabung (pipa), suaranya keras, keras, dengan hembusan lembut. Ekspirasinya fase lebih panjang dari inspirasi, dan tidak ada gangguan antara dua fase. Terdengar biasa di atas trakea atau daerah suprasternal notch.
b) Bronchovesikular: kombinasi bronkial dan napas vesikuler suara. Suaranya keras dan dengan intensitas sedang. Inspirasi sama panjang dengan ekspirasi. Suara ini terdengar di daerah thoraks dimana bronchi tertutup oleh dinding dada.
c) vesikular: terdengar lembut, halus, seperti angin sepoi-sepoi. Inspirasi lebih panjang dari berakhirnya, ekspirasi terdengar seperti tiupan.

SUARA NAPAS TAMBAHAN / ABNORMAL

  1. Crackles

Adalah bunyi yang berlainan, non kontinu akibat penundaan pembukaan  kembali jalan napas yang menutup. Terdengar selama : inspirasi.

  • Fine crackles / krekels halus

Terdengar selama : akhir inspirasi. Karakter suara : meletup, terpatah-patah.

Penyebab : udara melewati daerah yang lembab di alveoli atau bronchioles / penutupan jalan napas kecil. Suara seperti rambut yang digesekkan.

  • Krekels kasar

Terdengar selama : ekspirasi. Karakter suara : parau, basah, lemah, kasar, suara gesekan terpotong.

Penyebab : terdapatnya cairan atau sekresi pada jalan nafas yang besar. Mungkin akan berubah ketika klien batuk.


2. mengi (wheezing)

   pakah suara seperti bersiul, terus menerus, yang durasi lebih panjang dari krekels. Suara untuk: inspirasi dan ekspirasi, secara klinis lebih diucapkan pada saat berakhirnya.
Penyebab: Hasil lewat udara melalui saluran udara menyempit / sebagian tersumbat. Karakter Batuk.Dengan dapat dihapus dengan suara nyaring, suara terus menerus dikaitkan dengan aliran udara melalui saluran udara menyempit (seperti asma dan bronkitis kronis). Mengi dapat terjadi karena perubahan suhu, alergen, latihan fisik dan iritasi bronkial.

3. Ronchi

Adalah bahwa kebisingan latar belakang. Terdengar untuk: kadaluarsa.
Penyebab: Pergerakan udara melewati saluran udara menyempit karena obstruksi jalan napas. Obstruksi: sumbatan karena sekresi, edema, atau tumor.
Contoh: suara mendengkur.

  • Ronchi kering: kebisingan tambahan yang terdengar waktu terus terutama ekspirasi disertai dengan lendir / rahasia bronkus. Ada nada tinggi (menyusut) seperti asma dan nada rendah karena peningkatan sekresi bronkus yang besar juga dapat didengar ketika inspirasi.
  • Ronchi basah (krepitasi): suara tambahan yang terdengar tidak kontinyu pada waktu inspirasi seperti suara ranting kering di atas api, disebabkan oleh rahasia di alveoli atau bronkiolus. Crackles basah bisa halus, menengah, dan kasar. Crackles baik dan mampu yang disebabkan oleh cairan di alveoli, misalnya dalam pneumonia dan edema paru, sedangkan kasar crackles misalnya pada bronkiekstatis.


Perbedaan Ronchi dan mengi.

Mengi berasal dari bronkus dan bronkiolus adalah saluran yang lebih kecil, suara yang terdengar tinggi dan peluit. Biasanya terdengar pada pasien dengan asma.
Ronchi berasal dari bronkus dan bronkiolus saluran yang lebih besar, memiliki suara yang rendah, resonansi. Biasanya terdengar jelas pada mendengkur.

4. Pleural friction rub

   Adalah suara tambahan yang timbul akibat terjadinya peradangan pada pleura sehingga permukaan pleura menjadi kasar.
Karakter suara : kasar, berciut, disertai keluhan nyeri pleura. Terdengar selama : akhir inspirasi dan permulaan ekspirasi. Tidak dapat dihilangkan dengan dibatukkan. Terdengar sangat baik pada permukaan anterior lateral bawah toraks.
Terdengar seperti bunyi gesekan jari tangan dengan kuat di dekat telinga, jelas terdengar pada akhir inspirasi dan permulaan ekspirasi, dan biasanya disertai juga dengan keluhan nyeri pleura. Bunyi ini dapat menghilang ketika nafas ditahan. Sering didapatkan pada pneumonia, infark paru, dan tuberculosis

0 Response to "JENIS SUARA NAFAS "

Posting Komentar