CARA MERINGANKAN SAKIT TENGGOROKAN

   Anda mungkin memiliki sakit tenggorokan. Tanda-tanda, biasanya gatal tenggorokan, suara serak, dan nyeri saat menelan makanan. Penyebab berbagai, mulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga merokok. Terlepas dari penyebabnya, perhatian Anda mungkin telah difokuskan pada cara mengatasi sakit tenggorokan. Anda mungkin sudah akrab dengan dokter untuk mengobati sakit tenggorokan, tapi tidak ada salahnya sebelum mengobati sakit tenggorokan ke dokter, simak tips berikut tentang cara-cara yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengatasi sakit tenggorokan:

1. Berkumur dengan air garam hangat

Beberapa studi telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir, dan mengurangi iritasi atau bakteri. Dokter umumnya merekomendasikan untuk membubarkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat.

2. Makan lozenges

Makan beberapa tenggorokan lozenges sehari. Makan lozenges akan merangsang produksi air liur, yang dapat menjaga tenggorokan Anda lembab. Lozenges permen yang berbeda biasanya ditemukan. Lozenges memiliki bahan-bahan antibakteri dan yang lebih penting, dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan. Berbagai macam tablet hisap merek sudah dapat ditemukan dengan mudah di apotek ke supermarket.

3. Minum sirup obat batuk

Sirup obat batuk biasa Anda konsumsi saat batuk juga dapat menerapkan pada sakit tenggorokan Anda. Sirup obat batuk dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan untuk sementara waktu, namun demikian cukup efektif untuk mengusir rasa tidak nyaman di tenggorokan. Anda juga dapat menyamakan dosis ketika Anda batuk. Jika Anda bekerja, memilih sirup obat batuk yang tidak menyebabkan kantuk.


4. Meningkatkan asupan cairan

Air minum perbanyaklah atau cairan lainnya untuk membantu Anda tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi sangat penting terutama ketika Anda sakit tenggorokan. Tubuh Anda harus cukup cairan sehingga urine yang masih dalam kondisi baik. Hal ini membuat membran mukosa lembab, dan dapat memerangi bakteri atau iritan seperti alergen, serta membuat tubuh Anda lebih mampu untuk melawan gejala flu. Anda dapat minum selain air putih, jika Anda ingin sesuatu yang manis, mencoba jus buah yang diencerkan.

5. Minum teh

Lelah air minum? Secangkir hangat teh herbal mungkin menawarkan efek menenangkan ketika Anda sakit tenggorokan. Teh non-herbal, terbuat dari daun hitam, hijau, atau putih juga dapat menangkal infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu dalam secangkir teh Anda, karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan.

6. Makan sup ayam

Selain membantu penyembuhan flu, sup ayam juga bisa mengurangi sakit tenggorokan. Natrium sup kaldu ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Karena rasa sakit yang mendera saat menelan makanan, sup ayam adalah makanan yang tepat untuk dikonsumsi karena fluiditas, yang dapat membantu Anda untuk menelan makanan dengan mudah. Selain itu, sup ayam kaya akan nutrisi yang dapat melawan penyakit.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun, jika sakit tenggorokan yang parah dan merasa tidak sembuh, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

sumber:Artikel Kesehatan99 | Health.com | image: doctortipster.com

0 Response to "CARA MERINGANKAN SAKIT TENGGOROKAN "

Posting Komentar