INILAH APLIKASI ANDROID YANG WAJIB DIMILIKI TENAGA KESEHATAN

top-aplikasi-kesehatan -android
  mengelola pasien. Contohnya adalah sebagai menghitung kebutuhan cairan, menghitung dosis syringe pump, menghitung tetes infus, menghitung dosis obat pediatri, dll
Sebagai petugas kesehatan, baik dokter, perawat, atau bidan, tentu saja, kadang-kadang membutuhkan referensi cepat dalam

Untungnya, dengan perkembangan teknologi mobile (smartphone atau tablet), banyak orang mulai membuat aplikasi yang berguna untuk petugas kesehatan. Banyak jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk tenaga kesehatan, mulai dari yang gratis sampai berbayar.

Berikut adalah Aplikasi andorid gratis  yang harus dimiliki pada smartphone atau tablet petugas kesehatan. Semoga bermanfaat:

MMIS Indonesia     Mereka yang bekerja di dunia kesehatan akan tahu MIMS. MIMS atau MIMS atau Monthly Index of Medical Specialities adalah obat referensi diterbitkan sejak tahun 1959 di Inggris. Di Indonesia sendiri, buku yang diterbitkan 1 tahun sekali daftar harga pembaruan MIMS dan merek dagang obat di Indonesia dan diurutkan berdasarkan jenis dan kegunaan.

MIMS sekarang sudah tersedia dalam bentuk aplikasi Android. Aplikasi MIMS cukup ringan untuk menjalankan dan memiliki banyak referensi selain aplikasi Medscape penarikan obat. Jangan lupa untuk membuat account di situs MIMS untuk dapat mengakses aplikasi ini.

Aplikasi ini kelemahan tidak dapat digunakan secara offline, jadi kita perlu akses internet ketika mencari referensi dalam aplikasi ini. Namun, database MIMS obat tidak diragukan lagi, penuh dan lengkap.

infusion-pump
    Aplikasi ini berfungsi untuk cepat dan secara otomatis menghitung dosis obat yang akan diberikan melalui syringe pump atau infusion pump. Ada berbagai dosis satuan, mulai dari miligram untuk mikrog
ram dalam satuan menit atau jam.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, kita hanya memasukkan berat, pengenceran obat, dan tingkat pompa instrumen. Selanjutnya, aplikasi secara otomatis akan menghitung dosis yang diperlukan obat.

    Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung tetes secara otomatis. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Kami hanya tinggal menempatkan tetes faktor, cairan yang dibutuhkan, d
an waktu yang dibutuhkan untuk cairan infus habis. Kemudian secara otomatis akan muncul berapa banyak tetes per menit untuk menghabiskan cairan yang diperlukan.

Kelemahan aplikasi ini hanya bisa mengandalkan cairan tetes "kosong / plain" saja. Jika Anda ingin menghitung cairan infus yang dicampur dengan obat, seperti dopamin, oksitosin, atau lainnya, maka gunakan aplikasi Infusion Rate IV atau IV Drip rate calculator

drip-timer
  Aplikasi ini berfungsi sebagai count otomatis dan waktu ketika menghitung infus. Kita hanya perlu menekan layar secara bersamaan dengan tetes infus. Kita hanya menekan layar tiga kali, maka aplikasi ini akan menghitung berapa banyak tetesan per menit dan ketika caira
n akan habis. Kemudian ketika cairan habis, timer akan berbunyi. Timer ini berguna jika situasi sibuk dan tidak punya waktu untuk memantau pasien infus cairan satu per satu.

Selain infus, aplikasi ini juga berguna untuk menghitung denyut nadi dan respirasi, sangat sulit untuk mengukur adalah pasien neonatus, bayi, dan anak-anak. Penggunaannya sama dengan infus, kita cukup menekan layar ketika Anda merasa ada pulsa atau ketika pasien bernafas. Apakah sebanyak tiga kali, maka aplikasi ini akan secara otomatis menghitung sisanya.

parkland-formula    Aplikasi ini berguna untuk otomatis menghitung luas luka bakar dan kehilangan cairan karena luka bakar. Kadang-kadang pasien datang cito, kami belum punya waktu untuk menghitung luas luka bakar secara manual dengan aturan rule of nine. Belum lagi jika pasien adalah anak atau balita yang formula perhitungan yang ekstensif agak berbeda.

Aplikasi ini mudah digunakan, kita hanya tinggal menggambar daerah mana yang terkena luka bakar pada bagian tubuh model yang sudah ada, bisa pada dewasa ataupun anak. Setelah itu, aplikasi ini akan menghitung secara otomatis luas luka bakarnya dan berapa cairan yang dibutuhkannya.

madscapeAplikasi ini diperlukan untuk dimiliki oleh setiap petugas kesehatan. Dibuat dan terintegrasi dengan situs Medscape, aplikasi ini memiliki database medis lebih dari 7.000 referensi obat, penyakit 3.500 lebih, dan 2.500 referensi yang lebih dan tindakan medis video tutorial. Aplikasi ini juga menyediakan rumus perhitungan medis yang telah disortir oleh sistem organ, seperti menghitung cardiac output, BMI, asam-basa, dll

Kelemahan dari aplikasi ini adalah memakan memori yang cukup besar. Jadi pada smartphone dengan random-access memory (RAM) adalah kecil, akan terasa "lambat" jika Anda membuka aplikasi ini, terutama jika dalam hubungannya dengan aplikasi lain yang terbuka.

Jika Anda ingin update lengkap, aplikasi Medscape cukup memakan waktu kuota bandwith internet. Jika memungkinkan menggunakan internet via WiFi agar tidak menguras kuota internet. Namun, jika sudah diperbarui, referensi obat dan basis data parsial dapat dibuka secara offline tanpa harus terhubung ke internet.

paed-rx     Seperti dengan pasien dewasa, pasien anak memiliki perhitungan sendiri dalam hal dosis obat. Kita harus mengentahui dosis obat tertentu dan mengalikan berat badan anak. Banyak jenis obat kadang-kadang bisa membuat kita melupakan beberapa dosis obat untuk anak-anak.

Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan. Kami hanya memasukkan nama obat dan berat untuk kita hitung. Selanjutnya, aplikasi ini secara otomatis akan menghitung dosis obat anak per hari, b
erapa miligram yang dibutuhkan, berapa banyak sediaan yang tersedia, dan berapa kali diberikan. Aplikasi benar-benar berguna.

Aplikasi ini hanya menyediakan soal dosis untuk obat oral saja. Untuk narkoba suntikan pada anak-anak, menggunakan aplikasi Pediatric Dosis IV.

gp-antibiotic    Banyak jenis penyakit menular di dunia membuat kita sulit untuk mempelajarinya satu per satu. Penyakit yang berbeda kadang-kadang juga antibiotik yang berbeda, dosis yang berbeda, penggunaan waktu yang berbeda, dll Hal seperti ini bisa membuat kita lupa antibiotik tertentu.

Untungnya aplikasi Antibiotik seperti GP hadir. Aplikasi ini menyediakan database penyakit menular antibiotik bakteri atau parasit yang telah diperintahkan oleh sistem organ dan penyakit.Antibiotik di masing-masing penyakit dijelaskan oleh dosis dan waktu penggunaan. Selain itu, aplikasi ini menyediakan pilihan alternatif antibiotik lain jika ada alergi terhadap jenis antibiotik.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah untuk memiliki database antibiotik yang masih sedikit dan hanya untuk penyakit menular yang umum saja. Itu tidak hanya aplikasi ini saja, aplikasi android hampir semua gratis antibiotik rata database-nya masih kecil. Sementara ini jika kita ingin menyelesaikan antibiotik basis data, masih harus menggunakan aplikasi berbayar.

Banyak jenis tes laboratorium medis (patologi klinik) kadang-kadang membuat kita lupa pada beberapa pemeriksaan dan hasil lab tertentu. Terutama sering dilupakan adalah tes laboratorium yang kita jarang memeriksa.

Untungnya sekarang ada aplikasi LabRef Cepat yang menyediakan database yang lengkap di tes laboratorium medis. aplikasi ini berbagai nilai normal untuk hasil lab di unit yang berbeda. Selain itu, aplikasi ini juga mencakup penjelasan tentang tes laboratorium tertentu. Aplikasi ini cukup ringan untuk dibuka dan bisa dibuka secara offline.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah memiliki kurang menarik dan memiliki menu navigasi yang agak sulit untuk digunakan. Memesan tes laboratorium sudah diurutkan dengan benar, hanya saja tidak ada fitur pencarian membuat mudah bagi hasil lab.

diseases codes ICD    ICD (International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems)  adalah sistem pengkodean dan klasifikasi penyakit yang dibuat oleh WHO ICD telah direvisi 10 kali dan sudah berisi 14.400 jenis data penyakit. Revisi 10 disebut dengan ICD-10.

Bagi mereka yang bekerja di tempat-tempat yang telah atau akan menerapkan standar operasional ISO (International Organization for Standardization), pengkodean penyakit berdasarkan ICD-10 sudah merupakan suatu keharusan. Status pasien harus sudah ada kode akses ICD-10pada setiap pasien yang datang, baik itu pasien di ruang gawat darurat, bangsal, atau klinik.

Sekarang sudah banyak tersedia berbagai jenis aplikasi Android mengenai ICD-10. Menurut saya pribadi, aplikasi Diseases Codes ICD-10 adalah yang paling ringan, lengkap, dan mudah digunakan dibandingkan aplikasi yang lainnya. Jika anda ingin aplikasi ICD-10 yang berbahasa Indonesia, cobalah aplikasi ICD 10 Indonesia-English

Semua aplikasi yang dicantumkan diatas masih ada dan tersedia di plasystore, saya sudah cantumkan link playstore pada judul aplikasi, supaya rekan - rekan bisa langsung mencoba aplikasi tersebut. semoga bermanfaat :)

sumber:http://www.argaaditya.com/

0 Response to "INILAH APLIKASI ANDROID YANG WAJIB DIMILIKI TENAGA KESEHATAN"

Posting Komentar