PENTINGNYA PEMEMENUHAN KEBUTUHAN VITAMIN B1


Vitamin-B1

Vitamin B1   


   Vitamin B1 (tiamin) bukanlah vitamin langka. Sejumlah tingkat kecil dapat ditemukan di hampir semua makanan dan ada banyak makanan yang kaya vitamin B1, tapi diharapkan oleh kebanyakan orang kekurangan vitamin penting ini. Mengapa hal itu terjadi? Jawabannya adalah karena vitamin ini biasanya hilang ketika makanan diproses.



Kurangnya Risiko Vitamin B1


  Kekurangan vitamin ini telah dikaitkan dengan penyakit beri-beri yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gizi yang tidak memadai. Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan sejumlah gejala yang berkaitan dengan sistem saraf, termasuk kebutaan. Peminum berat berisiko kekurangan atau defisiensi vitamin B1, termasuk: pola makan yang buruk, meningkatkan asupan karbohidrat (alkohol), dan kerusakan mukosa usus yang dapat mengurangi penyerapan B1 sebanyak 90%. Diperkirakan 30-80% dari pecandu alkohol kekurangan vitamin B.

Vitamin B1 adalah salah satu vitamin B esensial yang bekerja dengan vitamin B lain untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa, menyediakan energi untuk tubuh dan otak. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk pembuatan metabolisme lemak dan protein. Selain itu, vitamin B1 juga penting bagi sistem saraf.

Umur memiliki efek pada kemampuan kita untuk menyerap dan menggunakan vitamin B, karena konsumsi suplemen sangat dianjurkan bagi orang-orang berusia 50 tahun ke atas. Muntah atau diare umumnya akan menguras sumber vitamin B1. Penyakit pencernaan dapat menghambat penyerapan vitamin B1.

Makanan yang mengganggu penyerapan vitamin B1 termasuk makanan diawetkan dengan sulfida, ikan mentah, kerang, kopi, dan teh.

Vitamin B1 dapat disuntikkan ke dalam tubuh atau dilakukan melalui mulut (minum). Vitamin ini juga digunakan dalam pengobatan kolitis ulserativa, penyakit jantung, diabetes, AIDS, bisul, gangguan penglihatan, katarak, glaukoma, mabuk, dan stres. Kebanyakan atlet menggunakan vitamin ini untuk meningkatkan kinerja mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari satu jenis vitamin B, dapat menyebabkan kekurangan vitamin B lainnya. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah untuk melengkapinya dengan makan vitamin B kompleks untuk penggunaan jangka panjang.

Makanan sumber vitamin B1


   Bahkan jika Anda ingin meningkatkan asupan vitamin B, makanan adalah dasar dari kesehatan yang baik dan sumber utama nutrisi penting. Untuk memastikan asupan vitamin B1 adalah pada tingkat yang baik, mengkonsumsi makanan yang tidak diproses. Sebagai makanan ini termasuk gandum, sayuran (asparagus, kubis brussel, kacang hijau, hijau bit, bayam dan ubi jalar), kacang-kacangan dan kacang-kacangan, biji-bijian, wijen, biji bunga matahari, rami, semangka, jeruk, dan sebagainya.



sumber:artikelkesehatan99.com

0 Response to "PENTINGNYA PEMEMENUHAN KEBUTUHAN VITAMIN B1"

Posting Komentar