MENGUPAS TUNTAS ANATOMI FISIOLOGI ( PEMBUKA ).

MENGUPAS  TUNTAS ANATOMI  FISIOLOGI ( PEMBUKA ).

           Bagi rekan - rekan sejawat pasti sudah sangat tidak asing lagi mengenai anatomi dan fisiologi, ini adalah jendela awal rekan rekan dalam menyelami dunia kesehatan, mungkin agak sedikit berlebihan :D akan tetapi memang begitu adanya. Artikel ini saya tulis untuk mengingatkan kembali atau pun yang akan memulai mencoba masuk dalam dunia kesehatan. Semoga berman faat :D

Menurut Wikipedia Anatomi fisiologi berasal dari dua kata, anatomi dan fisiologi
Perkembangan anatomi (wikipedia)

Anatomi

(dari ἀνατομία Yunani Anatomia, dari anatomi ἀνατέμνειν, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Ada juga anatomi hewan atau tumbuhan atau anatomi zootomidan fitotomi. Beberapa cabang anatomi adalah anatomi perbandingan, histologi, dan anatomi manusia, ranah kita yang akan kita bahas yakni anatomi manusia.
Dari sudut medis, anatomi terdiri dari berbagai pengetahuan tentang bentuk, lokasi, ukuran, dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat sehingga sering disebut sebagai anatomi deskriptif atau topografis. Kompleksitas penyebab tubuh manusia ada sedikit ahli anatomi manusia profesional yang benar-benar menguasai seni; sebagian besar memiliki spesialisasi di bagian tertentu seperti otak atau bagian dalam.

 Fisiologis 

ilustrasi anatomi fisiologi
Menurut wikipedia adalah  ilmu fungsi mekanik, fisik, dan biokimia dari manusia yang sehat, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Tingkat utama fokus fisiologi adalah pada tingkat organ dan sistem . Anatomi dan fisiologi berkaitan erat dengan bidang studi: anatomi, studi bentuk, dan fisiologi, mempelajari fungsi, secara intrinsik terikat dan dipelajari bersama-sama sebagai bagian dari ku                                   Secara tradisional, disiplin akademik fisiologi melihat tubuh sebagai kumpulan sistem berinteraksi, masing-masing dengan kombinasi sendiri serta fungsi dan tujuan masing-masing. Setiap sistem tubuh memberikan kontribusi pada homeostasis dari sistem lain dari seluruh organisme. Tidak ada sistem tubuh bekerja sendiri, dan kesehatan orang tergantung pada kesehatan semua sistem tubuh berinteraksi
rikulum medis          

Kumpulan system tersebut terbagi menjadi :



Sistem
Fisiologi
Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat (yang merupakan otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem saraf perifer. Otak adalah organ pikiran, emosi, dan sensoris pengolahan, dan melayani banyak aspek komunikasi dan kontrol dari berbagai sistem dan fungsi-fungsi lainnya. Khusus terdiri dari indera penglihatan, pendengaran, rasa, dan bau. Mata, telinga, lidah, dan hidung mengumpulkan informasi tentang lingkungan tubuh.
neurophysiology
 sistem muskuloskeletal terdiri dari kerangka manusia (termasuk tulang, ligamen, tendon, dan tulang rawan) dan otot-otot melekat. Ini memberikan struktur dasar tubuh dan kemampuan untuk gerakan. Selain peran struktural mereka, tulang-tulang yang lebih besar dalam tubuh berisi sumsum tulang, tempat produksi sel darah. Juga, semua tulang adalah tempat penyimpanan utama untuk kalsium dan fosfat
cell physiology, musculoskeletal physiology
Sistem sirkulasi terdiri dari jantung dan pembuluh darah (arteri, vena, pembuluh kapiler). Jantung mendorong peredaran darah, yang berfungsi sebagai “sistem transportasi” untuk mentransfer oksigen, bahan bakar, nutrisi, produk-produk limbah, sel-sel kekebalan tubuh, dan isyarat molekul (yaitu, hormon) dari salah satu bagian tubuh yang lain. Darah terdiri dari cairan yang membawa sel-sel dalam sirkulasi, termasuk beberapa yang bergerak dari jaringan ke pembuluh darah dan kembali, serta limpa dan sumsum tulang.
cardiovascular physiology
Sistem pernapasan terdiri dari hidung, nasofaring, trakea, dan paru-paru. Ini membawa oksigen dari udara dan excretes karbon dioksida dan air kembali ke udara.
respiratory physiology
Sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, perut, usus (usus besar dan kecil), dan rektum, serta hati, pankreas, kantong empedu, dan kelenjar ludah. Ini dapat mengkonversi makanan menjadi kecil, gizi, tidak beracun molekul untuk distribusi oleh sirkulasi kepada semua jaringan tubuh, dan excretes residu yang tidak digunakan.
gastrointestinal physiology
Yg menutupi sistem yang terdiri dari penutup tubuh (kulit), termasuk rambut dan kuku serta struktur penting fungsional lainnya seperti kelenjar keringat dan sebaceous kelenjar. Kulit menyediakan penahanan, struktur, dan perlindungan organ-organ lain, tetapi juga berfungsi sebagai indera utama antarmuka dengan dunia luar.
cell physiology, skin physiology
Sistem saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. It menghilangkan air dari darah untuk menghasilkan urin, yang membawa berbagai molekul limbah dan kelebihan ion dan air keluar dari tubuh.
renal physiology
Sistem reproduksi terdiri dari gonad dan internal dan eksternal organ seks. Sistem reproduksi menghasilkan gamet dalam setiap jenis kelamin, sebuah mekanisme untuk kombinasi mereka, dan lingkungan perawatan untuk pertama 9 bulan perkembangan keturunan.
reproductive physiology
Sistem kekebalan terdiri dari sel-sel darah putih, timus, kelenjar getah bening dan saluran getah bening, yang juga bagian dari sistem limfatik. Sistem kekebalan memberikan mekanisme tubuh sendiri untuk membedakan sel dan jaringan dari sel-sel dan zat-zat asing dan untuk menetralisir atau menghancurkan yang terakhir dengan menggunakan protein khusus seperti antibodi, sitokin, dan tol-seperti reseptor, di antara banyak lainnya
immunology
Sistem endokrin terdiri dari kelenjar endokrin utama: hipofisis, tiroid, adrenal, pankreas, parathyroids, dan organ reproduksi, tapi hampir semua organ dan jaringan endokrin memproduksi hormon tertentu juga. Hormon endokrin berfungsi sebagai sinyal-sinyal dari satu sistem tubuh yang lain mengenai array yang sangat besar kondisi, dan mengakibatkan berbagai perubahan fungsi.
endocrinology
Sistem indra meliputi telinga hidung dan tenggorokan

Serta sel sebagai bagian terkecil dari tubuh

            Jadi anatomi fisiologi itu erat sekali kaitanya tidak dapat di pisahkan seperti system dalam tubuh kita, erat sekali kaitanya, jika satu tidak berungsi maka yang lainya tidak akan berfungsi dengan baik. Mungkin itu sedikit pembukaan nya . artikel selanjutnya akan mengupas tuntas mengenai anatomi fisiologi system saraf. 

0 Response to "MENGUPAS TUNTAS ANATOMI FISIOLOGI ( PEMBUKA )."

Posting Komentar