ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN ASMA BRONKIAL

1. Definisi

Asma Bronkial merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya wheezing (mengi) intermiten yang timbul sebagai respon akibat paparan terhadap suatu zat iritan atau alergan. (Margaret Varnell Clark, 2013)
Asma Bronkial adalah penyakit kronis dengan serangan nafas pendek, wheezing dan batuk dari konstriksi dan membran mukosa yang bengkak didalam bronkus (jalan nafas dalam paru-paru). Hal ini terutama disebabkan oleh alergi atau infeksi saluran pernafasan. Kedu, asap rokok dapat mengakibatkan asma pada anak. (Britannica Concise Encyclopedia, 2007)
Asma bronkial adalah gangguan pernafasan ditandai dengan serangan berulang kesulitan bernafas terutama saat menghembuskan nafas oleh karena peningkatan  ketahanan aliran udara melalui pernafasan bronkeolus. (sport science and medicine, 2007)

2. Etiologi

Menurut Margaret Varnell Clark (2013), faktor-faktor penyebab dan pencetus asma antara lain:
  • Jamur indoor/sick building syndrome

       Data yang ada menunjukan bahwa terdapat hubungan antara jamur indoor dan penyakit pernafasan alergik. Terminology sick building syndrome telah digunakan untuk berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan lingkungan internal. Hal ini sering diperberat dengan adanya lingkungan yang lembab dan pertumbuhan jamur.
  • Radon

       Merupakan gas radioaktif alami penyebab kanker yang dapat ditemukan ditanah, air dan udara, baik didalam maupun diluar ruangan. Diperkirakan lebih dari 50% dosis efektif radioaktif alami setiap tahunnya disebabkan oleh paparan radon.
  • Binatang/Hewan peliharaan

       Bintang melepaskan protein ke lingkungan sekitar melalui cairan tubuhnya seperti saliva dan dander. Dander dapat didefinisikan sebagai bahan organik atau protein dari tubuh hewan atau dapat juga disebut sebagai serbuk hewan. Pada sebagian besar pasien alergi, dender tidak membuat iritasi. Meskipun demikian, dander dapat menjadi makanan untuk tungau debu untuk mengiritasi banyak pasien asma. Allergen juga dapat dijumpai pada urin hewan pengerat liar atau peliharaan. Pada akhirnya semua hewan termasuk manusia dapat menghasilkan makanan yang cukup untuk tungau debu organic dan memberikan kesempatan bagi pertumbuhan bakteri di rumah.
  • Tungau debu rumah

        Tungau debu tidak bisa dihindari meskipun meminimalisai pengaruh yang ditimbulkannya bisa dilakukan. Bantal dan matras dapat dibungkus dengan pembungkus alergen plastik. Linen tempat tidur harus dicuci secara rutin dengan air panas. Bantal, boneka dan mainan juga dapat dicuci dengan cara biasa secara rutin. Deterjen dan pemutih dapat juga berperan dalam mengurangi alergen tungau debu pada proses pencucian.
  • Kecoa

         Data menunjukan bahwa membasmi dan menghindari alergen kecoa memiliki aspek yang positif pada asma. Makanan dan sampah didalam rumah tidak boleh dibiarkan dalam keadaan terbuka. Racun, seperti yang digunakan sebagai umpan kecoa dan alat semprot, merupakan alat yang efektif dalam mengendalikan populasi kecoa, tetapi dapat menimbulkan iritasi bagi pasien asma.
  • Serbuk sari

         Serbuk sari saat musim serbuk sari bersifat iritatif pada banyak pasien asma. Pemamtauan ketat pada rencana terapi masing-masing individu dengan asma saat musim serbuk sari harus dilakukan dan dilakukan penyesuaian terhadap obat-obatan yang diberikan agar asmanya dapat terkontrol dengan baik.

  • Polusi udara dan gas buangan kendaraan 

         Banyak studi menunjukan bahwa peningkatan zat-zat tertentu dari gas buangan kendaraan memberikan efek negative pada pasien asma. Dipercaya bahwa pada pasien asma terjadi peningkatan stress oksidatif saluran nafas dan penurunan fungsi saluran nafas pada pasien asma ketika terpajar dengan polusi udara. 
  • Asap rokok

       Pasien asma, terutama anak-anak, harus menghindari asap rokok. Asap rokok dapat mencetuskan serangan asma. Yang menarik, data menunjukan efek yang bervariasi menurut usia. Efek merokok pasif telah terbukti lebih berat dalam mencetuskan serangan asma pada seorang anak bila yang merokok adalah ibunya daripada orang lain di sekitar mereka. Selain itu, beberapa studi menunjukan bahwa ibu yang perokok dapat meningkatkan resiko timbulnya asma saat masi bayi dan kanak-kanak. Pasien asma dan keluraganya harus diberikan edukasi untuk selalu menghindari asap rokok dan lingkungan yang penuh asap rokok.
  • Gas iritan 

         Pajaran terhadap zat kimia seperti komponen formaldehida dan senyawa organic Volatil (SOV) dapat mengiritasi saluran pernafasan pasien asma dan mencetuskan serangan asma. Gas-gas SOV dihasilkan dari berbagai macam sumber seperti produk rumah tangga, seperti: cat, pelarut cat dan pelarut lainnya, pembersih dan desinfektan, repelen serangga dan pengharum ruangan. Zat-zat kimia yang dilepaskan ke udara oleh linolium yang dilepaskan dari proses pembuatan kramik lantai, karpet, kertas lapis dinding, mebel dan lukisan yang baru dapat meningkatkan resiko serangan pada pasien asma. Pasien asma dan keluarganya harus diedukasi untuk menghindari bau dari zat-zat tersebut. 

4. Patofisiologi

      Patofisiologi asma meliputi limitasi aliran udara dan inflamasi saluran nafas. Dengan memahami saluran nafas ini, dapat memberikan jalan untuk mengembangkan rencana terapi yang adekuat dan memperoleh atau mempertahankan kontrol asma. 

  • Limitasi Aliran Udara/Penyempitan Jalan Nafas

Etiologi pasti limitasi aliran udara pada asma masih belum diketahui, meskipun terdapat beberapa faktor yang telah dikaitkan dengan hal ini. Komponen yang sering menjadi penyebab adalah kontraksi otot polos bronkus yang didefinisikan sebagai kontraksi atau penyempitan cepat jalan nafas akibat mediator dan neurotransmiter bronkokonstriktor. Akibat penyempitan jalan nafas ini, maka aliran udara menjadi sempit dan menimbulkan bunyi “mengi” yang sering disebut sebagai asma. Brokokonstriksi bersifat reversible dengan pemberian brokodilator. Edema atau cairan didalam saluran nafas disebabkan oleh kebocoran mikrovaskular akibat mediator inflamasi. Hal ini dapat diatasi dengan pemberiaan oabt-obatan antiinflamasi. Hipersekresi mucus adalah terminologi yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan sekresi mucus dan eksudat inflamasi yang terjadi pada plasma. Data menunjukan bahwa pada pasien asma terjadi peningkatan jumlah sel goblet di epitel saluran nafas dan pembesaran kelenjar submukosa. Sumbatan mucus dikatakan terjadi jika terdapat bagian saluran nafas yang tersumbat dan udara tidak dapat keluar dan masuk ke jalan nafas dibawahnya. Remodelling saluran nafas adalah perubahan struktural saluran nafas yang terjadi dalam jangka waktu lama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bahkan sebelum onset gejala asma muncul, banyak pasien asma yang telah mengalami remodelling pada saluran nafasnya sampai pada derajat tertentu. Fibrosis subefitel terjadi akibat pembentukan serat kolagen dan proteoglikan dibawah membran basalis. Substansi-substansi ini juga dapat terdeposit pada lapisan lain di saluran nafas dan menyebabkan terjadinya fibrosis pada daerah tersebut. Otot polos saluran nafas membesar akibat dua mekanisme primer: hipertropi dan hyperplasia. Hal ini mengakibatkan peningkatan ketebalan dinding saluran nafas. Telah kita ketahui bahwa mediator inflamasi berperan pada perubahan-perubahan ini. Kita juga mengetahui bahwa terjadi peningkatan proliferasi pembuluh darah pada dinding saluran nafas yang dapat mengakibatkan dinding saluran nafas menjadi tebal. Data menunjukan bahwa perubahan-perubahan ini berkaitan dengan derajat keparahan pasien asma dan tidak sepenuhnya reversible dengan terapi yang ada saat ini. (Lebih Lengkapnya bisa di download pada file di akhir askep) :) 

5. Klasifikasi

Jenis-jenis asma terdiri atas 3 macam, yaitu:

      a. Asma Alergik / Ekstrinsik
Asma ini disebabkan oleh alergen (misal: serbuk sari, binatang, amarah, makanan dan jamur), kebanyakan alergen terdapat di udara dan musiman.Pasien dengan asma alergik biasanya mempunyai riwayat keluarga yang alergik dan riwayat medis masa lalu ekzema atau rhinitis alergik.

     b. Asma Idiopatik / Non alergik
Asma ini tidak berhubungan dengan alergi spesifik. Serangan asma ini di cetuskan oleh beberapa faktor common cold, infeksi traktus, respiratorius, latihan, emosi. Beberapa agen farmakologi seperti aspirin dan agen anti inflamasi non steroid lain, pewarna rambut, antagonis beta–adrenergik dan agen sulfit (pengawet makanan) juga mungkin menjadi faktor.Serangan asma idiopatik/ non alergik menjadi lebih berat dan sering sejalan dengan berlakunya waktu dan dapat berkembang menjadi bronkitis akut dan emfisema.

      c. Asma Gabungan
Bentuk asma yang paling umum. Asma ini mempunyai karakteristik dan bentuk alergi maupun bentuk idiopatik atau non alergik. (Brunner and Suddarth, 2001; 534)

6. Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala yang muncul pada asma, antara lain:
a. Sukar bernafas yang timbul intermitten
b. Terdengar “wheezing” pada waktu ekspirasi
c. Batuk dengan sputum yang kental
d. Ekspirasi memanjang dengan hiperinflasi nada
e. Pernafasan cuping hidung
f. Sianosis pada permukaan kuku (Susan Martin Tucker, et.al, 1998; 2257)

7. Komplikasi

Adapun komplikasi yang mungkin terjadi pada penyakit asma, yaitu:
a. Atelektasis
b. Emfisema dengan hiperinflasi kronis
c. Pneumothoraks
d. Gagal pernafasan yang memerlukan bantuan mekanis
e. Bronkhitis
f. Aspergilosis bronkopulmoner alergik
g. Fraktur iga (Soeparman, dkk, 1999; 34)

8. Pemeriksaan Diagnosis

a. Pemeriksaan laboratorium

        Pemeriksaan sputum
Pemeriksaan sputum dilakukan untuk melihat adanya:
Kristal-kristal charcot leyden yang merupakan degranulasi dari kristal eosinophil
Spiral curshmann, yakni yang merupakan cast cell (sel cetakan) dari cabang bronkus
Creole yang merupakan fragmen dari epitel bronkus
Netrofil dan eosinopil yang terdapat pada sputum, umumnya bersifat mukoid dengan viskositas yang tinggi dan kadang terdapat mucus plug

        Pemeriksaan darah
Analisa gas darah pada umumnya normal akan tetapi dapat pula  terjadi hipoksemia, hiperkapnia, atau asidosis
Kadang pada darah terdapat peningkatan dari SGOT dan LDH
Hiponatremia dan kadar leukosit kadang-kadang di atas 15.000/mm3 dimana menandakan terdapatnya suatu infeksi. Pencetusnya allergen, olahraga, cuaca, emosi (imun respon menjadi aktif, Pelepasan mediator humoral), histamine, SRS-A, serotonin, kinin, bronkospasme, Edema mukosa, sekresi meningkat, inflamasi (penghambat kortikosteroid)
Pada pemeriksaan faktor-faktor alergi terjadi peningkatan dari Ig E pada waktu serangan dan menurun pada waktu bebas dari serangan.

         Pemeriksaan radiologi
Gambaran radiologi pada asma pada umumnya normal. Pada waktu serangan menunjukan gambaran hiperinflasi pada paru-paru yakni radiolusen yang bertambah dan peleburan rongga intercostalis, serta diafragma yang menurun. Akan tetapi bila terdapat komplikasi, maka kelainan yang didapat adalah sebagai berikut:
Bila disertai dengan bronkitis, maka bercak-bercak di hilus akan bertambah
Bila terdapat komplikasi empisema (COPD), maka gambaran radiolusen akan semakin bertambah
Bila terdapat komplikasi, maka terdapat gambaran infiltrat pada paru
Dapat pula menimbulkan gambaran atelektasis lokal.
Bila terjadi pneumonia mediastinum, pneumotoraks, dan pneumoperikardium, maka dapat dilihat bentuk gambaran radiolusen pada paru-paru

         Pemeriksaan tes kulit
Dilakukan untuk mencari faktor alergi dengan berbagai alergen yang dapat menimbulkan reaksi yang positif pada asma

         Elektrokardiografi
Gambaran elektrokardiografi yang terjadi selama serangan dapat dibagi menjadi 3 bagian, dan disesuaikan dengan gambaran yang terjadi pada empisema paru, yaitu:
Perubahan aksis jantung, yakni pada umumnya terjadi right axis deviasi dan clock wise rotation
Terdapatnya tanda-tanda hipertropi otot jantung, yakni terdapatnya RBB (Right bundle branch block)
Tanda-tanda hipoksemia, yakni terdapatnya sinus tachycardia, SVES, dan VES atau terjadinya depresi segmen ST negative

        Scanning paru
Dengan scanning paru melalui inhalasi dapat dipelajari bahwa redistribusi udara selama serangan asma tidak menyeluruh pada paru-paru

        Spirometri
Untuk menunjukkan adanya obstruksi jalan nafas reversible, cara yang paling cepat dan sederhana diagnosis asma adalah melihat respon pengobatan dengan bronkodilator. Pemeriksaan spirometer dilakukan sebelum dan sesudah pemberian bronkodilator aerosol (inhaler atau nebulizer) golongan adrenergik. Peningkatan FEV1 atau FVC sebanyak lebih dari 20% menunjukkan diagnosis asma. Tidak adanya respon aerosol bronkodilator lebih dari 20%. Pemeriksaan spirometri tidak saja penting untuk menegakkan diagnosis tetapi juga penting untuk menilai berat obstruksi dan efek pengobatan. Banyak penderita tanpa keluhan tetapi pemeriksaan spirometrinya menunjukkan obstruksi. (Dudut Tanjung., Skp, 2007)

9. Penatalaksanaan

Prinsip umum pengobatan asma bronchial adalah:
a. Menghilangkan obstruksi jalan nafas dengan segera
b. Mengenal dan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan serangan asma
c. Memberikan penerangan kepada penderita ataupun keluarganya mengenai penyakit asma, baik pengobatannya maupun tentang perjalanan penyakitnya sehingga penderita mengerti tujuan pengobatan yang diberikan dan bekerjasama dengan dokter atau perawat yang merawatnya.
Pengobatan pada asma bronkial terbagi 2, yaitu:

a. Pengobatan non farmakologik:

- Memberikan penyuluhan
- Menghindari faktor pencetus
- Pemberian cairan
- Fisiotherapy
- Beri O2 bila perlu

b. Pengobatan farmakologik:

1. Bronkodilator: obat yang melebarkan saluran nafas. Terbagi dalam 2 golongan:
- Simpatomimetik/ adrenergik (Adrenalin dan efedrin)
Nama obat:
Orsiprenalin (Alupent), Fenoterol (berotec), Terbutalin (bricasma).
Obat-obat golongan simpatomimetik tersedia dalam bentuk tablet, sirup, suntikan dan semprotan. Yang berupa semprotan: MDI (Metered dose inhaler). Ada juga yang berbentuk bubuk halus yang dihirup (Ventolin Diskhaler dan Bricasma Turbuhaler) atau cairan broncodilator (Alupent, Berotec, brivasma serta Ventolin) yang oleh alat khusus diubah menjadi aerosol (partikel-partikel yang sangat halus) untuk selanjutnya dihirup

2. Santin (teofilin)
Nama obat: Aminofilin (Amicam supp), Aminofilin (Euphilin Retard), Teofilin (Amilex).Efek dari teofilin sama dengan obat golongan simpatomimetik, tetapi cara kerjanya berbeda. Sehingga bila kedua obat ini dikombinasikan efeknya saling memperkuat.
Cara pemakaian: Bentuk suntikan teofillin/aminofilin dipakai pada serangan asma akut, dan disuntikan perlahan-lahan langsung ke pembuluh darah. Karena sering merangsang lambung bentuk tablet atau sirupnya sebaiknya diminum sesudah makan. Itulah sebabnya penderita yang mempunyai sakit lambung sebaiknya berhati-hati bila minum obat ini. Teofilin ada juga dalam bentuk suppositoria yang cara pemakaiannya dimasukkan ke dalam anus. Supositoria ini digunakan jika penderita karena sesuatu hal tidak dapat minum teofilin (misalnya muntah atau lambungnya kering).

3. Kromalin
Kromalin bukan bronkodilator tetapi merupakan obat pencegah serangan asma. Manfaatnya adalah untuk penderita asma alergi terutama anak-anak. Kromalin biasanya diberikan bersama-sama obat anti asma yang lain dan efeknya baru terlihat setelah pemakaian satu bulan.

4. Ketolifen
Mempunyai efek pencegahan terhadap asma seperti kromalin. Biasanya diberikan dengan dosis dua kali 1mg/hari. Keuntungan obat ini adalah dapat diberikan secara oral. (Dudut Tanjung., Skp, 2007)

MAU VERSI LENGKAP NYA ? REKAN-REKAN BISA DOWNLOAD FILE NYA DIBAWAH INI


0 Response to "ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN ASMA BRONKIAL"

Posting Komentar