KISI KISI UJI KOMPETENSI PERAWAT BAG. II


Ini adalah pembahasan lanjutan dari Kisi Kisi Uji Kompetensi Bag. I, dalam posting saya kemarin saya membahas mengenai blue print dan tingkat kedalaman soal Uji Kompetensi, ada beberapa Proporsi dalam pembuatan soal Uji Kompetensi Perawat, diantaranya yang sudah saya bahas dalam posting kemarin dan kali ini akan membahas bagian dari proporsi tersebut. rekan-rekan bisa lihat tabel dibawah ini : 

Tabel Proporsi Soal Berdasarkan Domain Kompetensi 
Kompetensi
Prosentase dan Metode
MCQ
OSCA
Praktik professional, etis, legal dan peka budaya
15-25%
5-10%
Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
65-75%
20-25%
Pengembangan professional
5-15%

Keterangan :*) Rencana di 2015

Dari tabel diatas, mayoritas soal diujikan adalah soal-soal yang terkait dengan asuhan keperawatan dan manajemen asuhan keperawatan. Asuhan keperawatan yang diujikan mencakup seluruh mata ajar dan system tubuh atau kebutuhan dasar manusia. Soal terbanyak kedua adalah soal-soal yang berkaitan dengan etika profesi, hokum dan aturan serta budaya umum masyarakat Indonesia yang harus diketahui dan dipertimbangkan saat menjalankan praktik keperawatan. Soal dengan proporsi paling sedikit adalah soal-soal yang terkait lengan pengembangan profesionalisme seorang praktisi. Soal ini berkisaran tentang apa perlu dilakukan oleh perawat dalam menghadapi tantangan pekerjaan sehari-hari agar perawat terus tumbuh menjadi praktisi yang lebih baik dan lebih professional.\
Dari domain kompetensi diatas, soal dibagi kedalam mata ajar atau kelompok keilmuan. Pembagian prosentasi jumlah soal didasarkan pada tiap kelompok keilmuan dengan memprehatikan banyaknya jumlah kredit yang diajarkan selama perkuliahan. Selain mencakup seluruh kebutuhan dasar manusia, system tubuh dan daur hidup manusia, soal-soal uji kompetensi juga meliputi seluruh proses keperawatan dan jenis intervensinya (Promoti, preventif, dan kuratif).
Soal Uji Kompetensi juga meliputi kompetensi umum yang harus dikuasai oleh perawat (bagian dari 12 minimum core competency). Kompetensi umum tersebut antara lain :

1.            1.      Komunikasi interpersonal dan terapeutik
         2.      Pencegahan infeksi nosokomial
         3.      Penerapan prinsip safety dan risk management dalam penanganana kasus
         4.      Penerapan prinsip etika dan etiket dalam (tindakan) keperawata
         5.      Analisa, interpretasi dan dokumentasi data secara akura
         6.      Pemberian obat yang aman
         7.      Perawatan luka dasar
         8.      Pemberian transfusi darah

Berdasarkan hal tersebut diatas, dalam pertemuan pemangku kepentingan yang di fasilitasi oleh proyek HPEQ DIKTI tahun 2010 juga menyepakati proporsi soal berdasarkan bidang keilmuan dapat diuraikan sebagai berikut :

Prosentasi Soal Berdasarkan Bidang Keilmuan 
No
Bidang Keilmuan Keperawatan
Prosentase
Asumsi Jumlah
1
Medikal Bedah
25-35%
61
2
Maternitas
8-12%
21
3
Anak
8-12%
21
4
Jiwa
8-12%
21
5
Keluarga
8-12%
21
6
Gawat darurat
3-7%
11
7
Gerontik
3-7%
11
8
Manajemen
3-7%
11
9
Komunitas
3-7%
11
10
DKKD
3-7%
11
Asumsi Jumlah Total Soal                                        200

Yang harus rekan-rekan ingat semua soal yang diujikan adalah soal-soal yang diambil dari kasus klinis, komunitas atau keluarga. Tidak ada soal ingatan murni. Semua soal membutuhkan analisa dan logika berpikir kritis seorang perawat. Maka dari itu kembangkan lagi dan asaha analisis rekan-rekan dalam menganalisa masalah keperawatan yang tertuang dalam soal, semoga dengan hal tersebut kita dapat mudah dalam mengerjakan soal nanti, mungkin hanya ini yang saya dapat bagikan pada rekan rekan, jangan lupa share yah J
Sumber : Panduan Latihan ujikom perawat

0 Response to "KISI KISI UJI KOMPETENSI PERAWAT BAG. II"

Posting Komentar