Terserang Flu? Cobalah Konsumsi 5 Makanan ini

     Musim hujan tiba, kondisi tubuh jadi lebih berisiko untuk terkena serangan beragam penyakit.Penyakit yang sering terjadi pada musim hujan adalah flu, di mana penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menular. Flu terjadi karena infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru.
ilustrasi flu


     Salah satu efek dari flu cenderung melemahkan kekuatan tubuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang itu karena ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meremajakan tubuh Anda.

Beberapa makanan yang bisa melawan flu :

    Sebagai salah satu cara mudah yang bisa melawan flu atau pilek adalah dengan makan makanan tertentu yang dapat membantu membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

bawang putih

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-mikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu memperlancar saluran pernapasan. Jika Anda tidak bisa makan mereka secara langsung, Anda dapat mencampur bawang putih ke dalam hidangan favorit Anda.

Daging sapi

daging sapi
Salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah daging sapi. Daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik, yang memainkan peran penting dalam perkembangan sel-sel darah putih, sel-sel di mana ini bertindak menjaga daya tahan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, protein yang terkandung dalam daging sapi juga mampu menopang tubuh untuk membangun antibodi dan melawan infeksi.

kunyit

Kunyit

Rempah-rempah yang super ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Makan kunyit dapat mencegah bahkan melawan flu atau pilek.

Ubi

ubi
Ubi jalar mengandung vitamin A yang memiliki peran penting terhadap kesehatan permukaan mukosa, termasuk saluran pencernaan, bagian dalam hi
dung, da
n kulit. Kebanyakan orang mungkin tidak berpikir jika infeksi benar-benar dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit dengan mudah. Untuk informasi, kulit juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Sup ayam

sup ayam
Satu kali makan dianggap efektif untuk meredakan flu adalah sup ayam. Selain mudah dibuat, makanan juga lezat untuk dimakan. Komposisi air dalam sup dapat diserap oleh tubuh untuk membantu mengencerkan lendir, yang pada gilirannya mudah untuk menghapus. Ayam hadir dalam sup juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan atau peradangan pada sinus dan saluran hidung.

      Semoga artikel ini membantu ditengah cuaca yang masih sering hujan, jika sakit berlanjut dan semakin memburuk silahkan berkonsultasi ke dokter segera yah :)

sumber :artikelkesehatan99.com

0 Response to "Terserang Flu? Cobalah Konsumsi 5 Makanan ini"

Posting Komentar